Visi Misi dan Tujuan

A. Visi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo mempunyai visi:

Menjadi lembaga yang unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, islami, dan berkembang selaras dengan dinamika pendidikan nasional dan global.

B. Misi

Misi yang dibangun oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk melaksanakan visi adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan pada masing-masing Prodi secara inovatif, efektif, dan berbasis ICT (Information Communication Technology) yang berlandaskan nilai-nilai Islami
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dan pengajaran guna mendukung dalam meningkatkan  kualitas pendidikan
  3. Menyelenggarakan  pengelolaan fakultas  yang  amanah  dan bertumpu pada sistem penjaminan mutu;
  4. Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan kultur kehidupan yang Islam;
  5. Membangun  kerjasama  dan jaringan  kemitraan dengan stakeholder untuk pengembangan pembelajaran  yang  selaras dengan  dinamika  pendidikan global

C. Tujuan

Mengacu pada visi dan misi diatas maka tujuan yang ingin dicapai oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dan Islami.
  2. Menghasilkan  lulusan yang berdaya  saing nasional  dalam bidang ipteks  berdasarkan  nilai- nilai Islam
  3. Menghasilkan  kegiatan penelitian yang berkualitas dan berkelanjutan  dengan  fokus mengembangkan,  membangun pemahaman  baru,  dan menghasilkan  inovasi  di  bidang pendidikan
  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan dan  membangun kerjasama dalam  bidang pendidikan dan pembelajaran secara terpadu dan berkelanjutan.
  5. Mewujudkan   tata   kelola   yang amanah  dan bertumpu ada sistem penjaminan mutu
  6. Mewujudkan kultur  kehidupan Islami pada  seluruh  sivitas akademika
  7. Menghasilkan  kerjasama  dan jaringan kemitraan dengan stakeholder nasional dan internasional untuk pengembangan  pembelajaran yang  selaras  dengan  dinamika pendidikan global

D. Strategi

  1. Memperkuat kerjasama dengan pemerintah/pemda serta mitra lainnya
  2. Melakukan program penguatan kemampuan mahasiswa untuk publikasi dan internasional
  3. Memperkuat upaya untuk menarik dan mendidik mahasiswa dari berbagai latar belakang dengan sistem pembelajaran yang berkualitas
  4. Melakukan penguatan kualitas tugas akhir dan kewirausahaan
  5. Melakukan pembinaan mahasiswa untuk berprestasi di tingkat nasional dan internasional baik dibidang akademik dan non akademik
  6. Mengembangkan kurikulum transformatif berbasis Outcome Based Education (OBE)
  7. Meningkatkan kemampuan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) Lulusan
  8. Meningkatkan jumlah mahasiswa Asing
  9. Penguatan SPMI tingkat fakultas dan prodi yang dilaksanakan oleh Gugus Jaminan Mutu (GJM)
  10. Melakukan perbaikan hasil AMI dan RTM yang berkoordinasi dengan BPMI
  11. Meningkatkan kapasitas dosen yang memiliki kemampuan prima untuk mendukung dan menguatkan upaya UMPO menuju Unggul
  12. Melakukan penguatan penelitian dan PkM serta menyusun peta jalan riset yang berorientasi pada produk
  13. Memiliki rencana pengembangan kualifikasi pendidikan dan jabatan fungsional dosen
  14. Menjadi pembimbing pada Program Profesi Guru (PPG)
  15. Melakukan promosi dan menginisiasi kerjasama riset penelitian dan pengabdian masyarakat Internasional
  16. Keikutsertaan mahasiswa dalam program MBKM Kemendikbudristek
  17. Meningkatkan kapasitas tendik yang memiliki kemampuan prima untuk mendukung dan menguatkan upaya UMPO menuju Unggul
  18. Optimalisasi penggunaan dana yang sesuai dengan kapabilitas manajemen keuangan
  19. Mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian dosen
  20. Menciptakan dan melestarikan budaya yang mendukung keunggulan pembelajaran pada semua unit akademik
  21. Peningkatan kualitas intelektual output dalam bentuk sitasi terhadap publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh civitas akademika
  22. Peningkatan efektifitas dan efisiensi IT dan rata-rata capaian renstra