A. Visi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo mempunyai visi:
“Mencetak pendidik profesional berakhlak islami, berlandaskan kearifan lokal, inovatif sebagai edupreneur, dan siap bersaing di tingkat global.”
B. Misi
Misi yang dibangun oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk melaksanakan visi adalah sebagai berikut:
- Menghasilkan pendidik yang profesional melalui penyelenggaraan pendidikan berkualitas, pelatihan standar profesi, dan pengembangan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan masa kini.
- Menanamkan nilai akhlak islami dalam seluruh proses pendidikan dan pembentukan karakter civitas akademika demi menciptakan pendidik yang berintegritas dan beretika tinggi.
- Mengintegrasikan kearifan lokal dalam pendidikan dengan mengangkat budaya dan nilai-nilai tradisional sebagai landasan dalam pengembangan kurikulum dan aktivitas akademik.
- Mendorong jiwa kewirausahaan pendidikan (edupreneurship) melalui pembekalan inovasi, kreativitas, dan dukungan wirausaha di bidang pendidikan bagi mahasiswa dan staf.
- Membangun kapasitas global dengan membuka peluang kolaborasi internasional, pertukaran pengalaman, dan pengembangan kompetensi berskala global.
C. Tujuan
Mengacu pada visi dan misi diatas maka tujuan yang ingin dicapai oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan kualitas akademik lulusan agar menjadi pendidik profesional yang kompeten sesuai standar nasional dan internasional.
- Membentuk karakter pendidik yang islami, jujur, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.
- Melestarikan dan mengembangkan potensi serta kekayaan budaya lokal melalui kurikulum dan kegiatan pembelajaran.
- Menumbuhkan dan memperkuat jiwa kewirausahaan di kalangan civitas akademika untuk menciptakan produk dan layanan inovatif di bidang pendidikan.
- Membuka dan memperluas jejaring kerja sama dengan institusi pendidikan dan organisasi internasional guna meningkatkan daya saing lulusan secara global.
D. Strategi
- Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran: Menyusun kurikulum (OBE), atau (Outcome-Based Education) yang mengedepankan profesionalisme, nilai islami, dan kearifan lokal dengan memasukkan modul kewirausahaan pendidikan dan wawasan global.
- Penguatan Kapasitas Dosen dan Tenaga Kependidikan: Melakukan pelatihan, workshop, dan sertifikasi profesional secara berkala, termasuk pengembangan soft skills dan nilai spiritual islami.
- Inovasi dan Inkubasi Edupreneurship: Mendirikan pusat inovasi dan inkubasi kewirausahaan pendidikan yang menyediakan pendampingan bisnis, modal, dan jejaring pasar.
- Kolaborasi dan Jejaring Global: Membangun kerjasama dengan universitas dan lembaga internasional, program pertukaran pelajar, serta riset bersama yang berorientasi global dan aktif mengirimkan mahasiswa dalam bentuk KKN Internasional di Kawasan ASEAN.
- Penguatan Penanaman Nilai Lokal dan Islami: Melibatkan masyarakat dan tokoh budaya lokal dalam kegiatan akademik serta mengadakan program pembinaan karakter berbasis nilai-nilai Islam
- Evaluasi dan Pengembangan Berkelanjutan: Melakukan monitoring dan evaluasi berkala terhadap implementasi misi dan tujuan untuk memastikan relevansi dan pencapaian hasil yang optimal.