A. Visi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo mempunyai visi:


”Menjadi lembaga yang menghasilkan tenaga pendidik yang professional, Islami, dan
berkembang selaras dengan dinamika pendidikan nasional dan global”

Visi ini disusun oleh pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, alumni, dan pengguna lulusan pada tahun 2012, visi ini berorientasi untuk 10 tahun ke depan, yaitu tahun 2012 sampai dengan 2022. Pernyataan visi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di atas menggambarkan kondisi masa depan yang akan selalu maju dan berkembang oleh semua civitas akademika dan pihak eksternal, adapun ada kata kunci utama yang menjadi patokan dari pengembangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu:

1. Professional, artinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memberikan bekal kompetensi (pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional) kepada mahasiswa dan alumni untuk mampu dan bisa diandalkan dalam menjalankan profesi dan kemasyarakatan.

2. Islami, artinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menerapkan Islami sebagai prinsip dengan menempatkan nilai-nilai agama Islam menjadi landasan untuk berfikir, bersikap, dan bertindak untuk para mahasiswa dan alumni baik dalam menjalankan profesi dan kemasyarakatan.

3. Berkembang, artinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengedepankan adanya kemajuan dalam semua aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian, dalam rangka untuk berkembang menjadi besar dan terdepan.

4. Dinamika, artinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan siap dengan adanya perubahan-perubahan yang terjadi secara cepat, serta akan mengikutinya dengan mengedepankan kebutuhan seluruh civitas akademika.

5. Nasional dan Global, artinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan selalu mengikuti perkembangan zaman, berwawasan luas, inovatif dan kreatif, serta siap untuk berkompetensi dalam ranah nasional dan internasional.

B. Misi

Misi yang dibangun oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk melaksanakan visi ”Menjadi lembaga yang menghasilkan tenaga pendidik yang professional, Islami, dan berkembang selaras dengan dinamika pendidikan nasional dan global”, adalah sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan pada masing-masing program studi secara inovatif, efektif, dan berbasis ICT (Information Communication Technology) yang berlandaskan nilai-nilai Islami.

2. Melaksanakan penelitian dibidang pendidikan dan pengajaran guna mendukung dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengembangkan pembelajaran dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan

4. Membangun kerjasama dan jaringan kemitraan dengan stakeholder untuk pengembangan pembelajaran yang selaras dengan dinamika pendidikan global.

C. Tujuan

Mengacu pada visi dan misi diatas maka tujuan yang ingin dicapai oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan tenaga pendidik yang professional dan Islami

2. Menghasilkan kegiatan penelitian yang berkualitas dan berkelanjutan dengan fokus mengembangkan, membangun pemahaman baru, dan menghasilkan inovasi di bidang pendidikan.

3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan dan membangun kerjasama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran secara terpadu dan berkelanjutan.