LOKAKARYA Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1)

LOKAKARYA Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1)

Desember 4, 2021 Artikel BEM FKIP 0

Pada hari  Selasa, 30 November 2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo telah menyelenggarakan kegiatan LOKAKARYA Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) yang bertempatan di Gedung Seminar Dome Lantai 1.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Semester 3 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan jumlah peserta  106 Mahasiswa  dari Progam Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut:

  1. Pembukaan,
  2. Pembacaan ayat Suci Al Qur’an
  3. Menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah
  4. Sambutan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sekaligus membuka Acara Lokakarya Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) Dekan FKIP Dr. Ardana Januar Mahardhani, M.KP
  5. Doa
  6. Penutup

Dilanjutkan dengan acara inti Lokakarya ini di moderatori oleh Ibu Niken Reti Indriastuti, SS., M.Pd. dengan mendatangkan dua pemateri yang luar Biasa yang pertama yaitu  bapak Mulyani S.Pd., M.Hum Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ponorogo. Memberikan materi tentang “Rekonsilasi kultur sekolah dalam pendidikan abad ke 21 dengan progam merdeka belajar”. Dengan Pengenalan Kultur sekolah yang meliputi tata Kelola dan Struktur Organisasi sekolah, keadaan lingkungan sekolah. Kompetensi Guru di era digital seperti landasan filosofis kompetensi pendidik di era digital, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran abad ke-21.

Materi yang ke dua bapak Septa Krisdianto, S.Pd., M.Pd Guru SMAN 1 Mejayan  dengan tema “Rekonstruksi kompetensi pendidikan di era digital”. ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani bisa diartikan guru di depan memberikan contoh atau sebagai panutan, di tengah membangun kemauan atau niat, dan di belakang memberikan dorongan atau semangat. Dan Konsep pembelajaran Profil Pelajar Pancasila yaitu Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia.

Kontibutor: Amaliya Fiki N.F (Departemen Humas dan Kominfo BEM FKIP